Tuesday, February 12, 2008

"Idung Guede..."

"Eh..., katanya teh Frida, dik Aya hidungnya guede? bener nggak sih?" Coba 'aja tanya Aa Zen, barangkali bener.

Tapi kalau tanya Aa Zein kayaknya susah deh... Maklum saja, si Aa itu kalau yang tanya adiknya paling juga jawabannya.. "Tauk deh..." atau paling banter cuma manyun, sambil ngomel "..dasar cemplu, gitu aja ditanyain...".

Cuek memang si Aa ini. Meski begitu Aa setuju hidung dik Aya ga kayak hidung Petruk. Baru denger Petruk? Itu loh tokoh spesialis dagelan di kisah pewayangan tanah Jawa. Biasanya Petruk memerankan sosok bingungan, agak sok tau, tapi dikisahkan jujur. Katanya sih...kata pak dalang ki Manteb Utomo Sosrojoyo Nincak Sukro Ngaborolo Beak Kedjo Saboboko...

Yang jelas, kata Matra'i, Allah sungguh sangat piawai dalam merencanakan penciptaan setiap mahluknya termasuk yang ada di muka bumi. Dalam hal penciptaan hidung contohnya. Bayangkan, andai hidung diciptakan dengan lubang menghadap ke atas, misalnya, dipastikan setiap saat dunia akan gaduh karena suara orang bersin bersahut-sahutan, tanpa henti.

Gede-cilik, pesek-mancung, bulet-gepeng, selama masih memiliki hidung yang berfungsi baik sebagai alat utama penciuman dan pernafasan manusia sejatinya patut bersyukur. Lha, ketimbang ga punya hidung?

Alhasil, semuanya menjadi bermakna tatkala kita mampu mensyukuri segala sesuatu pemberian sebagai nikmat dariNya, termasuk hidung gede, yak dik Aya?
Nggih, sumuhun atuh abah, aya aya wae....

2 comments:

siwadin said...

Adeknya mmg manis lagi Aa, kalo lagi bayi Aa hidung, pipi kayak gede, terus tangan, pipi dedek bulunya lebat, jadi mmg kodratnya bayi Aa, dulu Aa juga begitu. Entar dedek kalo udah gede gak begitu, sesuai proporsional...gak ngerti ya Aa, om ngomgnya kayak kuliahan......he3x

Warung Abah - Berbagi Informasi said...

wah, Om Udin kan dosen, jadi ga apa-apa bicara kayak pas ngajar. Makasih ya om Udin, atas komentarnya di sini. Salam dari Aa Haidar dan Dik Frida